Tentang IMB

Apakah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) itu?

Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum.Kewajiban setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan memiliki Izin Mendirikan Bangunan terdapat pada Pasal 13 ayat 1 Perda Kota Bontang nomor 13 Tahun 2011 tentang bangunan gedung. IMB tersebut melegalkan suatu bangunan yang direncanakan sesuai dengan Tata Ruang yang telah ditentukan dan rencana kostruksi bangunan tersebut juga dapat di pertanggungjawabkan dengan maksud untuk kepentingan bersama. Sehingga jelas bahwa IMB itu penting.

Selain hal tersebut memiliki bangunan yang telah ber-IMB juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan bangunan yang tidak ber-IMB, yakni :

  1. Legalitas bangunan diakui pemerintah
  2. Bangunan memiliki nilai jual yang tinggi
  3. Jaminan Kredit Bank
  4. Peningkatan Status Tanah

Form Login

Silahkan masukkan email dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.


   Daftar

Lupa Password

Walikota dan Wakil Walikota

Link Terkait

IMB Online

  •  DATA IMB
  •  DAFTAR PEMOHON IMB
  •  DAFTAR REKOMENDASI IMB

Statistik Pengunjung